Jumat, 22 Mei 2009

3. Komponen Pembentuk MapServer

Posted in by Unknown | Edit
Pengembangan MapSever sebagai sebuah aplikasi open source, banyak memanfaatkan aplikasi lain yang juga bersifat open source. Sedapat mungkin menggunakan aplikasi yang sudah tersedia jika memang memenuhi kebutuhan untuk menghemat sumber daya dan waktu pengembangan

3.1 Komponen Untuk Akses Data Spasial

Komponen pada kelompok ini bertugas untuk menangani baca/tulis data spasial, baik yang tersimpan sebagai file maupun tersimpan pada DBMS
  • Shapelib
    Shapefile merupakan library yang ditulis dalam bahasa C, untuk keperluan baca/tulis format data Shapefile (*.SHP) yang didefinisikan ESRI (Enviromental System Research Institute). Format Shapefile umum digunakan oleh berbagai aplikasi Sistem Informasi Geografik untuk menyimpan data vector simple (tanpa topologi) dengan atribut. Pada MapSever, format data Shapefile merupakan format data default.
  • GDAL/OGR
    GDAL (Geographic Data Abstraction LibraryI) merupakan library yang berfungsi sebagai penerjemah untuk berbagai format data raster. Library ini memungkinkan abstraksi untuk semua format data yang didukung, sehingga beragam format data tadi akan terlihat sebagai sebuah data model abstrak. Keberadaan data model abstrak tunggal akan memudahkan pengembang aplikasi karena dapat menggunkan antarmuka yang seragam untuk semua format data.. OGR merupakan library dengan fungsionalitas yang identik, untuk beragam format data vektor. Kode OGR sekarang ini digabung dalam kode library GDAL.


2 Comments


  1. yitno21 says:

    mohon bantuannya nya ya tentang SIG... saya lagi belajar tentang SIG, mampir2 di blog saya

    4 Februari 2011 pukul 03.59

  2. Unknown says:

    Terima kasih informasi blognya tentang GIS dan mapservernya. jika sudah bisa melihat data spasial, sudah termasuk mapserver?
    kunjungi juga website saya https://felix.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    + website kampus saya http://atmaluhur.ac.id/
    terima kasih.

    23 November 2018 pukul 19.52

Leave a Comment